12.12.08

Melawi and Nanga Pinoh


Apa sih melawi??? Nama toko optic??? Itu mah melawai!!! Oke…oke… mungkin di postingan sebelumnya saya terlalu banyak menyebutkan kata kunci MELAWI.
Melawi adalah nama salah satu kabupaten di KalBar. Sejak 2003, kabupaten ini sudah resmi berdiri sendiri setelah sebelumnya include Kab. Sintang. Gak hanya kalian orang luar Kalimantan yang agak gak familiar dengan nama ini, bahkan hampir 90% orang-orang sektar saya [terutama yang dah tua-an], mereka tidak tau itu daerah mana. Saya sendiri tau bahwa ada kabupaten yang namanya Melawi, namun saya tidak tahu persisnya dimana. Sampai 2 hari sebelum keberangkatan, akhirnya saya ‘klik’ Encarta 2009 [yang terbaru cui!], masukin key word “Pontianak”, jreng kluar peta Pontianak yang bisa kliatan nama desa ketika di zoom abiss. Namun pada saat itu saya tidak menemukan yang namanya kab. Melawi kecuali Nanga Pinoh.
Oke sebagai lulusan cumlaude mepet akhirnya aku SMS temenku yang lagi berada disana. Bgeni sms nya, “bu, hubungan Melawi dan Nanga Pinoh tu apa?”, kemudian beliau membalasnya, “Sepupuan! Makanya jangan liat peta dunia aja, sekali2 liat peta daerah. Melawi itu nama kabupatenyya, sedangkan Nanga Pinoh itu nama ibu kota kabupatennya”. Oke, aku nyerah…waktu kuliah kbanyakan liat peta Asia tenggara dan miyabi sihh…..
Kebetulan pas waktu itu, sodaranya nenek yang masih nenek aku juga [snymnaj] maen kerumah, aku iseng bertanya:
Aku : nek tau Melawi gak?
snymnaj : gak! [tu kan pada gak tau]
Aku : klo Nanga Pinoh??
Snymnaj : tau!
Aku : ada keluarga gak disana?
Snymnaj : Lha, paman kamu kan dah 2 taunan disana, dia tinggal deket pasar koq.

Oh God, senengnya!!!! Seperti menemukan upil yang nyangkut selama 2 ½ abad…
Jujur sebelumnya aku sempat bngung mo nginep dimana ntar disana, rencana
Memang mo penginapan tapi kebayang harga pasti mahal banget, harga2 dua kali
Lipat dari kampungku. Makan sekali aja bisa 15rebu. Thanks Pak Su for the place to
Stay and off course for the meals.

Tidak ada komentar: