27.11.08

Balada Sarjana - a respond to Ellie's note at http://mariamellie.blogspot.com/

apa yang dikatakan tante ellie memang betul...
Gelar sarjana memang sudah kita raih. so what's next? Hal ini tentunya bukan perkara wah bagi temen2 yang berasal dari keluarga yang ‘berpengaruh’. Tapi bagi temen yang berasal dari kelurga biasa saja, mungkin pengalaman mencari kerja menjadi hal yang paling menantang. Dg mendesain CV yang se-Kreatif mungkin, masukin poto2 klosap... sebelum dikirim ke perusahaan2 yang diminati berharap agar dipanggil interview ato mengikuti tes selanjutnya. puluhan bahkan yng sudah dikirim!, namun hanya beberapa yang di panggil interview, sisanya ditelan bumi..

Waktu masih kuliah, dulu sering di wanti-wanti sama senior dan dosen... supaya sewaktu kuliah jangan hanya datang, dengerin dosen ngajar, tapi juga ikut kegiatan itu-ini, organisasi ini-itu , les itu-ini, de es be. Well, Bagi beberapa temen, mungkin saran ini sudah dilakoni... tapi hasilnya beda-beda setiap orang.

saya sendiri contohnya, Lulus kuliah dengan predikat cumlaude (walopun mepet), masa studi 3.8 bulan, aktif organisasi sejak SMA, cukup berprestasi sewaktu SMA dg ngikutin berbagai lomba dari MTQ mpe panjat pinang , dan waktu kuliah juga pernah dapat beasiswa ke AS. Memang sehabis kul, saya tidak begitu mengangur.. karena dapat tawaran untuk me-rekrut MaBa dr kampus... tapi itu blum sepenuhnya bisa disebut kerja, karena I was not financially independent..

ok, 4 bulan kerja rodi saya rasa cukup! sewaktu kuliah.. kerja sampingan juga sudah dilakoni.. dari fasilitator mpe tutor. Well, bagi saya hal ini sudah cukup untuk 'memperindah' CV saya. Namun kenyataan hidup beda... stelah kembali ke kampung halaman, aku mulai menyebarkan CV, masukin lamaran ke sana/i. Alhamdulillah seh.. sebagian besar surat lamaran yang kubuat dapat balesan.. aku sering diundang interview, dan mengikuti tes-tes selanjutnya... adapun yang g dibales karena masukin lamaran pada saat blum rekrutmen perusahaan. tapi... ujug2nya saya sering gagal di tes selanjutnya... apakah gerangan???? Well aku hanya berpikir positip, “ini bukan jalanku, pasti Allah berencana lain dalam memberiku jalan hidup.”

O ya, tentang tata cara pembuatan surat lamaran dan CV, setelah mengikuti seminar dari CDC-career development centre UMY, kami memang diajarkan untuk membuat dengan format yang lebih “menarik”. Well… maskipun pada awalnya serasa njiji’i… namun keknya masuk akal juga. Adalah tante ellie yang memamerkan CV yang super narsis tersebut, para pengikutnya pun mulai mengikuti jejaknya… Dari dian, upi, dll…
Bingung ngebayangin CV super narsis nya??? OK, bgini deskripsinya… yang paling mencolok adalah CV ini dirancang dengan sentuhan warna/i alias colorful bgt deh, kemudian yang menohok kedua adalah ditambahkannya poto2 yang full bodi dari segala sisi… (kek mo daftar mis seleb deh pokoknya), kemudian dicantumin pengalaman luar negeri / abroad gitulah… klo bagi orang awam… CV seperti ini memang sempat membuat ilfil, dan menimbulkan kesan arrogan dari pembuatnya. Jadi wajar kata mbak atin ketika ellie ngumpulin CV tersebut buat jadi Tutor dia berkata, “Pak winner pasti gak mo bawa pulang CV km, karena takut dimarah istrinya”…
OK, tante elliepun tidak begitu menghiraukannya… dia malah mempunyai pengikut yang tambah banyak… emmm, diantara pengikutnya tersebut memang sebagian besar sudah keterima kerja… Dian misalnya dah kerja di bank di Jakarta, Upi di Radar JOgja… dan yang laennya.. Cuma permalahannya apakah mereka tetap mempertahankan desain CVny tante ellie?? Hanya mereka yang bisa menjawab.
Sang desainer sendiri mengalami hal yg berbeda (baca di blog mariamellie.blogspot.com).. pada dasarnya CVnya bagus, namun terlalu berley… or lebai… sehingga pada waktu masukin lamaran pekerjaan… hanya beberapa yang membalas… well, itu memang benar.. tapi ada factor lain yang juga menurut saya berpengaruh… yaitu, (maap).. umur! Untuk lulusan S1, umur 30 cukup membuat para perusahaan mikir 2-3 kali untuk memperkerjakan, apalagi dengan latar belakang pengalaman kerja yang agak berbeda dengan kualifikasi yang dibutuhkan. Sepupu saya juga sudah memasuki umur 30, kita sama2 masukin lamaran pekerjaan.. dan walhasil saya lebih sering dipanggil untuk mengikuti tes selanjutnya.. ternyata Age does matter!!! Tapi pantang mundur el!! Seperti yang kubilang sebelumnya.. Tuhan pasti mau menunjukkan jalan yg terbaik buat kmu…
Berbeda dengan ellie… ni masih ngomongin CV dan Lamaran kerja koq!! Temen2 dan kakak ku memang pada awalnya terkejut… (bukan karena bagusnya, tapi aneh!). Mereka memberiku berbagai masukan, salah satunya untuk make it more simple!!! Memang she, diubah ato ngak, CV ku ini telah mampu mengantarkan ku ke tes selanjutnya.. Cuma bagus juga masukan mereka. Mpe saat ini aku dah 3-4 kali update CV.. merubah desain dsb… dulunya yang gunain MS.opiz sekarang dah gunain Corel Draw… wah tambah bagus deh pokokny, en ndak begitu njiji’i (menurut saya seeh)… Tapi sungguh cara pembuatan CV dan Lamaran Kerja yang diajarkan oleh CDC UMY diajarkan untuk membuat semenarik munkin, at least mereka akan tertarik dengan melihat warna yang mencolok daripada CV conventional yang didominasi sama warna hitam-putih. Pemberian poto-pun dianjurkan yang tersenyum, namun tidak mengurangi formalitas. Sayangnya, tidak semua perusahaan berpendapat demikian. Tapi saran saya, dokrin CDC UMY patut untuk dicoba… mengenai orang2 bakal muntah2 baca CV kita, itu hal belakangan.. yang penting kita mampu ‘attract’ perhatian mereka, syukur2 diberi kesempatan wawancara. So, go narcist! Go narcist!

Semenjak lebaran usai (skitar pertengahan okt,) saya rutin membeli Koran local, berharap ada lowongan kerja yang sesuai. Yeah, ternyata benar… meskipun gak bnyak, tiap sabtu biasanya ada 2-3 lowongan pekerjaan. Untungnya mereka tidak menddeskriminasikan background pendidikan (nerima semua jurusan). Saya tidak menyia2kan kesempatan ini, setiam minggu saya mengirim lamaran, dan syukur banyak menddapat panggilan. Bermula dari coca-cola, kredit plus, bank bTpn, dan selanjutnya BRI. Semuanya dalam hitungan 6 minggu.. so hampir setiap minggu pasti ada jadwal tes. Paling males yang ngerjain tes kredit plus n Btpn.. karena termasuk perusahaan pembiyaan dan bank, jadi tesnya dititik beratkan pada kemampuan numeric.. sial!!! Saya memang agak lemot soal angka, meskipun kelas 2 SMa pernah dapet 9 di rapor. I hate number, itulah sebabnya saya mohon setengah mati untuk pindah ke kelas IPS sewaktu dimasukin ke IPA. Oke, kembali ke permasalahan tes… iya saya gagal!!! Sekarang yang menjdi harapan saya adalah Bank BRI, rabu ini akan diadakan wawancara awal.. setelah melewati seleksi berkas dan sikotes. Dan saya sudah menyiapkan plan B nya jika saya gagal nanti. Melamar kerja lagi??? Mm iya she, pgen ikut tes PNS, mudah2an ada formasi HI. Disini saya mencoba untuk murni.. karena tidak ada koneksi dan relasi. OK, gmn klo masih gagal lagi??? Well… sejak minggu lalu, keluarga kami sibuk nyiapin tempat dan peralatan untuk usaha… so, jawabnya adalah… saya akan bergabung dengan ibu dan kakak saya dalam menjalankan usaha catering. Jangan salah lho untungnya gede…. Proyek yang lalu aja, ibu sya dapat mengantongi untung 30jtan dalam waktu 6 minggu. Makanya kakak saya yang bekerja pada bank swasta rela quit demi blajar wirausaha dg ibu saya.
Oke, thing are goin on… rumah sewa hampir fix, snin ini ikut lelang mobil.. mudah2an dapet harga murah, dan setelah tes nanti usaha ni akan di badan hukumkan.. (Perseroan komanditer –cv) ada usul nama???

Seandainya BRIdan PNS Pemda bukan jalan saya, yeah…. Demi mencari sesuap nasi dan segenggam berlian… saya akan berwirausaha…. Siangnya bantu ibu katring, sorenya ngajar les privat…. Meskipun ini rencana… smoga bisa memberikan saya jalan hidup.. pantang nyerah fren… so gmn cerita kalian pada?

1 komentar:

Luf mengatakan...

USUL NAMA CATERING!!!!!!

not-enuf-to-eat

hehehehe......

kurang bercitarasa lokal ya?

sambas jaya gimana?

eh, itu kek kontraktor listrik ya?

mmm.... ndes pastry gimana? hehehe

nek gak AYOMAKAN